Rancang Bangun Chatbot Untuk Informasi Kerja Praktek Dan Tugas Akhir Teknik Informatika Universitas Semarang Dengan Azure Cognitive Service Berbasis Telegram

Penulis

  • Catur Heri Prayitno Universitas Semarang Penulis
  • Khoirudin Universitas Semarang Penulis

Kata Kunci:

Chatbot, Telegram, Azure Cognitive Service

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah kurangnya aksesibilitas dan efisiensi dalam memperoleh informasi terkait Kerja Praktek dan Tugas Akhir di Program Studi Teknik Informatika Universitas Semarang. Untuk mencapai tujuan ini, penelitian ini mengadopsi desain pendekatan yang mencakup pengembangan chatbot dengan memanfaatkan Azure Cognitive Services, integrasi dengan platform Telegram, dan penerapan fungsionalitas untuk mencari dan berinteraksi dengan informasi terkait. Metodologi yang diterapkan menggunakan waterfall meliputi analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Dari analisis yang dilakukan, temuan utama menunjukkan bahwa chatbot yang dikembangkan mampu memberikan respons cepat dan akurat terhadap permintaan informasi Kerja Praktek dan Tugas Akhir. Sebagai hasilnya, chatbot ini dapat meningkatkan aksesibilitas informasi bagi mahasiswa serta efisiensi dalam proses pencarian informasi, memenuhi kebutuhan informasi mahasiswa dengan lebih baik. Hasil pengujian System Usability Scale (SUS) menunjukkan rata-rata skor sebesar 82,75 dengan grade A, yang menandakan bahwa chatbot memiliki tingkat kegunaan yang sangat baik dan diterima dengan baik oleh pengguna.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024/07/30

Terbitan

Bagian

Teknik Informatika

Cara Mengutip

Rancang Bangun Chatbot Untuk Informasi Kerja Praktek Dan Tugas Akhir Teknik Informatika Universitas Semarang Dengan Azure Cognitive Service Berbasis Telegram. (2024). Trans IT : Jurnal Teknologi Informasi , 12(07), 83-88. https://transit.ftik.usm.ac.id/index.php/transit/article/view/32