Rancang Bangun Chatbot Untuk Informasi Kerja Praktek Dan Tugas Akhir Teknik Informatika Universitas Semarang Dengan Azure Cognitive Service Berbasis Telegram
Kata Kunci:
Chatbot, Telegram, Azure Cognitive ServiceAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah kurangnya aksesibilitas dan efisiensi dalam memperoleh informasi terkait Kerja Praktek dan Tugas Akhir di Program Studi Teknik Informatika Universitas Semarang. Untuk mencapai tujuan ini, penelitian ini mengadopsi desain pendekatan yang mencakup pengembangan chatbot dengan memanfaatkan Azure Cognitive Services, integrasi dengan platform Telegram, dan penerapan fungsionalitas untuk mencari dan berinteraksi dengan informasi terkait. Metodologi yang diterapkan menggunakan waterfall meliputi analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Dari analisis yang dilakukan, temuan utama menunjukkan bahwa chatbot yang dikembangkan mampu memberikan respons cepat dan akurat terhadap permintaan informasi Kerja Praktek dan Tugas Akhir. Sebagai hasilnya, chatbot ini dapat meningkatkan aksesibilitas informasi bagi mahasiswa serta efisiensi dalam proses pencarian informasi, memenuhi kebutuhan informasi mahasiswa dengan lebih baik. Hasil pengujian System Usability Scale (SUS) menunjukkan rata-rata skor sebesar 82,75 dengan grade A, yang menandakan bahwa chatbot memiliki tingkat kegunaan yang sangat baik dan diterima dengan baik oleh pengguna.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Catur Heri Prayitno, Khoirudin Khoirudin (Penulis)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.