AUGMENTED REALITY UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HEWAN UNGGAS BERBASIS ANDROID
Title | AUGMENTED REALITY UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HEWAN UNGGAS BERBASIS ANDROID |
---|---|
Author | Dinar Tirtagita |
Abstract | Augmented Reality (AR) merupakan inovasi dari computer graphic yang dapat menyajikan visualisasi dan animasi dari sebuah model atau desain objek yang menggabungkan dunia maya 2D maupun 3D kedalam sebuah dunia nyata. Bentuk pemanfaatan teknologi AR sebagai pengenalan hewan kepada anak dapat merangsang otak untuk berimajinasi dan melatih kreatifitas. Perkembangan teknologi Augmented Reality pada smartphone akan mempermudah anak-anak dalam mengenal beberapa jenis hewan. Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah membuat aplikasi pengenalan hewan unggas menggunakan teknologi Augmented Reality berbasis Android. Metode yang dilakukan dalam pembuatan aplikasi pengenalan hewan ini adalah study literature, eksperimen, dan sampling. Pembuatan diawali dengan mengumpulkan data hewan yang akan dibuat sebagai model 3 dimensi. Perancangan aplikasi Augmented Reality menggunakan software Unity dengan merancang marker yang dibuat menggunakan vuforia. Fitur yang ada dalam aplikasi ini adalah beberapa jenis hewan unggas yang ditampulkan secara 3D dengan Augmented Reality. Dengan adanya aplikasi pegenalan hewan unggas 3 dimensi ini, diharapkan dapat memicu ketertarikan anak-anak untuk belajar mengenal jenis hewan unggas. |
Keywords | Augmented Reality, Media Pembelajaran, Android. |
Document | |
Download | Download File |
Issn | 2302-2709 |
Doi | - |
Viewed | 302 |
Created At | 16 Agu 2020 14.56.52 |