AUGMENTED REALITY UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HEWAN UNGGAS BERBASIS ANDROID

TitleAUGMENTED REALITY UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HEWAN UNGGAS BERBASIS ANDROID
AuthorDinar Tirtagita
AbstractAugmented Reality (AR) merupakan inovasi dari computer graphic yang dapat menyajikan visualisasi dan
animasi dari sebuah model atau desain objek yang menggabungkan dunia maya 2D maupun 3D kedalam sebuah
dunia nyata. Bentuk pemanfaatan teknologi AR sebagai pengenalan hewan kepada anak dapat merangsang otak
untuk berimajinasi dan melatih kreatifitas. Perkembangan teknologi Augmented Reality pada smartphone akan
mempermudah anak-anak dalam mengenal beberapa jenis hewan. Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah
membuat aplikasi pengenalan hewan unggas menggunakan teknologi Augmented Reality berbasis Android.
Metode yang dilakukan dalam pembuatan aplikasi pengenalan hewan ini adalah study literature, eksperimen,
dan sampling. Pembuatan diawali dengan mengumpulkan data hewan yang akan dibuat sebagai model 3
dimensi. Perancangan aplikasi Augmented Reality menggunakan software Unity dengan merancang marker yang
dibuat menggunakan vuforia. Fitur yang ada dalam aplikasi ini adalah beberapa jenis hewan unggas yang
ditampulkan secara 3D dengan Augmented Reality. Dengan adanya aplikasi pegenalan hewan unggas 3 dimensi
ini, diharapkan dapat memicu ketertarikan anak-anak untuk belajar mengenal jenis hewan unggas.
KeywordsAugmented Reality, Media Pembelajaran, Android.
Document
DownloadDownload File
Issn2302-2709
Doi-
Viewed302
Created At16 Agu 2020 14.56.52