BUKU KANCIL DAN BUAYA MENGGUNAKAN AR BERBASIS ANDROID

TitleBUKU KANCIL DAN BUAYA MENGGUNAKAN AR BERBASIS ANDROID
AuthorReza Hendrawan
AbstractBuku dongeng merupakan sarana pembelajaran untuk anak-anak dalam mengenal cerita rakyat atau sebuah
legenda yang memiliki nilai-nilai pembelajaran. Namun di era modern seperti saat ini, buku-buku dongeng
konvensional sudah mulai jarang digunakan oleh para orang tua untuk mengenalkan sebuah kisah untuk anak
mereka. Hal itu menimbulkan kurangnya ketertarikan anak pada buku dongeng konvensional. Padahal melalui
cerita dongeng, anak-anak mendapat pengetahuan tentang etika dan norma-norma dalam kehidupan.
Menambahkan AR (Augmented Reality) dapat meningkatkan ketertarikan anak-anak terhadap buku dongeng.
Pembuatan aplikasi AR Kancil dan Buaya pada penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem
model prototype yang terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama mendengarkan pelanggan, membangun dan
memperbaiki market, dan uji pelanggan. Sedangkan cara untuk membangun aplikasi AR dimulai dari membuat
marker (buku dongeng), membangun objek 3D, dan kemudian membangun aplikasi AR hingga menjadi sebuah
aplikasi Buku Dongeng Kancil dan Buaya. Aplikasi Android ini dapat meningkatkan minat anak-anak terhadap
dongeng atau cerita rakyat dengan ditambahkannya objek virtual dari buku dongeng tersebut.
KeywordsAugmented Reality, Android, Kancil dan Buaya.
Document
DownloadDownload File
Issn2302-2709
Doi-
Viewed288
Created At13 Agu 2020 13.04.05