GAME VISUAL NOVEL 5 DAY’S WAR MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE
Title | GAME VISUAL NOVEL 5 DAY’S WAR MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE |
---|---|
Author | Kresna Raka Pramana |
Abstract | Game adalah salah satu hiburan yang digemari oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Game dipilih sebagai hiburan karena game mampu mengurangi tingkat kelelahan dari rutinitas kerja setiap hari. Oleh karena itu pembuatan game "Perang 5 Hari" dimaksudkan untuk menceritakan kisah sejarah pertempuran 5 hari di Semarang. Metode Finite State Machine (FSM) terdiri dari serangkaian keadaan yang menentukan keputusan. Setiap state dapat pindah ke state lain jika memenuhi kondisi yang telah ditentukan. Penerapan FSM pada game berguna untuk menentukan berbagai jenis respon karakter yang tidak dapat dimainkan berdasarkan interaksi yang dilakukan oleh pemain, ini karena FSM dapat digunakan untuk merancang dan menentukan respon perilaku terhadap kondisi yang berubah. Hasil dari pembuatan aplikasi ini berfokus pada menceritakan kembali apa yang sebenarnya terjadi pada pertempuran 5 hari di Semarang. Game ini bertujuan untuk membuat game pembelajaran yang lebih menarik dan menyajikan metode yang lebih modern dalam membaca cerita sejarah daripada membaca buku pada umumnya. |
Keywords | Game, Pertempuran 5 Hari di Semarang, dan Finite State Machine |
Document | |
Download | Download File |
Issn | 2302-0709 |
Doi | - |
Viewed | 322 |
Created At | 14 Agu 2020 16.18.49 |