GAME VISUAL NOVEL 5 DAY’S WAR MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE

TitleGAME VISUAL NOVEL 5 DAY’S WAR MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE
AuthorKresna Raka Pramana
AbstractGame adalah salah satu hiburan yang digemari oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak, remaja, hingga
orang dewasa. Game dipilih sebagai hiburan karena game mampu mengurangi tingkat kelelahan dari rutinitas
kerja setiap hari. Oleh karena itu pembuatan game "Perang 5 Hari" dimaksudkan untuk menceritakan kisah
sejarah pertempuran 5 hari di Semarang. Metode Finite State Machine (FSM) terdiri dari serangkaian keadaan
yang menentukan keputusan. Setiap state dapat pindah ke state lain jika memenuhi kondisi yang telah
ditentukan. Penerapan FSM pada game berguna untuk menentukan berbagai jenis respon karakter yang tidak
dapat dimainkan berdasarkan interaksi yang dilakukan oleh pemain, ini karena FSM dapat digunakan untuk
merancang dan menentukan respon perilaku terhadap kondisi yang berubah. Hasil dari pembuatan aplikasi ini
berfokus pada menceritakan kembali apa yang sebenarnya terjadi pada pertempuran 5 hari di Semarang. Game
ini bertujuan untuk membuat game pembelajaran yang lebih menarik dan menyajikan metode yang lebih modern
dalam membaca cerita sejarah daripada membaca buku pada umumnya.
KeywordsGame, Pertempuran 5 Hari di Semarang, dan Finite State Machine
Document
DownloadDownload File
Issn2302-0709
Doi-
Viewed322
Created At14 Agu 2020 16.18.49