IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MARKETING ACCES DAN SELEKSI AGUNAN TAHAP SATU PADA KOPERASI SEMARAK DANA

TitleIMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MARKETING ACCES DAN SELEKSI AGUNAN TAHAP SATU PADA KOPERASI SEMARAK DANA
AuthorMahfudh Khoiruddin
AbstractDewasa ini, kemajuan teknologi sangat berpengaruh pada kehidupan manusia, terutama dalam melakukan
aktifitas kesehariannya. Tidak hanya itu, kemajuan teknologi juga dimanfaatkan oleh instansi dan perusahaan
guna mempermudah kinerja perusahaan. Hasil kinerja yang akurat dan cepat menjadi alasan digunakannya
teknologi dalam mempermudah pekerjaan karyawan. Seperti halnya pada Koperasi Semarak Dana, kebutuhan
hasil data yang cepat menjadi alasan koperasi untuk menggunakan suatu sistem dalam mengevaluasi pengajuan
kredit nasabah. Seperti yang diketahui, kebutuhan akan kecepatan informasi pada koperasi sangat dibutuhkan
apalagi pada tahap pengajuan kredit.Dengan adanya sistem tersebut akan membantu kinerja marketing dalam
mendaftarkan nasabah baru yang ingin mengajukan pinjaman, membantu analis kredit untuk mempertimbangkan
pengajuan tahap pertama. Perancangan sistem ini dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan MySQL,
dengan metode pengembangan sistem yang digunakan adalah model waterfall dengan tahapan meliputi
perencanaan, analisis, perancangan, implementasi, pengujian dan pemeliharaan. Sesuai dengan perancangannya,
sistem ini hanya sebatas mengelola seleksi tahap satu. Selain itu sistem ini hanya mampu mengolah data agunan
berupa motor. Hasil dari penelitian ini ialah menciptakan suatu sistem baru untuk mempermudah kinerja
marketing dan kredit analis serta memudahkan nasabah dalam memperoleh informasi berkaitan dengan status
pinjaman.
KeywordsSistem Informasi, Pengajuan Kredit, Koperasi
Document
DownloadDownload File
Issn2302-2709
Doi-
Viewed295
Created At16 Agu 2020 20.34.25