PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN AGORITMA APRIORI UNTUK ANALISIS POLA PENJUALAN CV. LASTRINI

TitlePENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN AGORITMA APRIORI UNTUK ANALISIS POLA PENJUALAN CV. LASTRINI
AuthorYoga Dwi Yulianto
AbstractCV.Lastrini merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa percetakan dan penjualan alat tulis. Pola
penjualan merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk menentukan strategi penjualan yang berupa
penempatan barang, dengan melihat seberapa sering suatu barang dibeli secara bersamaan pada sebuah toko.
Akan tetapi dalam pengaturan tata letak barang pada CV.Lastrini masih mengalami kendala yaitu kurangnya
pengetahuan pihak CV.Lastrini dalam pengaturan tata letak barang. Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem
yang dapat membantu CV.Lastrini dalam menentukan pengaturan tata letak barang agar dapat meningkatkan
strategi penjualan. Data mining digunakan untuk menganalisis data yang berukur besar untuk menemukan
hubungan antara data dan dapat menghasilkaan informasi yang berguna untuk pengguna. Sehingga pada
penelitian ini menggunakan data transaksi penjualan untuk menentukan pola penjualan dengan menggunakan
association rule dan algoritma Apriori. Association rule merupakan metode untuk mencari hubungan menarik
yang tersembunyi dalam data yang besar dengan menggunakan perhitungan nilai support dan confidence. Hasil
dari penelitian ini pertama dapat meningkatkan penjualan CV.Lastrini melalui data penjualan, Kedua sistem ini
dapat membantu meningkatkan target penjualan pada CV.Lastrini dan yang Ketiga sistem ini dapat membantu
dalam menentukan tata letak barang dengan lebih baik.
Keywords Data Mining, Association rule, Algoritma Apriori. Pola Penjualan
Document
DownloadDownload File
Issn2302-2709
Doi-
Viewed323
Created At21 Agu 2020 09.38.03