RANCANG BANGUN APLIKASI VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN KEAJAIBAN DUNIA BERBASIS ANDROID

TitleRANCANG BANGUN APLIKASI VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN KEAJAIBAN DUNIA BERBASIS ANDROID
AuthorSugiono
AbstractVirtual Reality (VR) merupakan teknologi yang menggabungkan objek tiga dimensi (3D) dipadukan dengan
pendengaran dan pengelihatan yang menghasilkan efek pengguna seakan sedang berada dalam lingkungan virtual.
Pengenalan Keajaiban Dunia Berbasis Android dengan memasukkan materi kedalam sebuah lingkungan
berteknologi Virtual Reality (VR) dapat menjadikan pengenalan semakin menarik serta visual dan sampai saat ini
aplikasi media pengenalan dan informasi tentang keajaiban dunia belum ada yang menerapkan konsep Virtual
Reality (VR) dalam pengembangannya. Berdasarkan hal tersebut maka dibuat aplikasi 3D Virtual Reality
menggunakan unity 3d game engine berbasis android. Virtual pengenalan keajaiban dunia merupakan lingkungan
virtual mulain dari bangunan Menara Eiffel, Koloseum, Taj Mahal, dll. Menggunakan Unity 3D sebagai engine.
Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi Virtual Pengenalan Keajaiban Dunia berbentuk file.apk yang dijalankan
pada perangkat android dengan memiliki sensor gyroscope. 3D Virtual Reality Pengenalan Keajaiban Dunia
diharapkan mampu menciptakan gambaran visual tentang Keajaiban Dunia sehingga dapat dijadikan sebagai
media perkenalan dan juga sebagai sarana informasi yang interaktif. Hasil penilaian dari aplikasi ini didapan dari
kuisioner 34% sangat setuju, 52% Setuju, dan 14% Netral dan kesimpulan dari aplikasi ini dapat disimpulkan
dalam kategori baik.
KeywordsVirtual Reality (VR), Keajaiban Dunia, Unity 3D, Android
Document
DownloadDownload File
Issn2302-2709
Doi-
Viewed387
Created At21 Agu 2020 10.16.12