RANCANG BANGUN APLIKASI VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN KEAJAIBAN DUNIA BERBASIS ANDROID
Title | RANCANG BANGUN APLIKASI VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN KEAJAIBAN DUNIA BERBASIS ANDROID |
---|---|
Author | Sugiono |
Abstract | Virtual Reality (VR) merupakan teknologi yang menggabungkan objek tiga dimensi (3D) dipadukan dengan pendengaran dan pengelihatan yang menghasilkan efek pengguna seakan sedang berada dalam lingkungan virtual. Pengenalan Keajaiban Dunia Berbasis Android dengan memasukkan materi kedalam sebuah lingkungan berteknologi Virtual Reality (VR) dapat menjadikan pengenalan semakin menarik serta visual dan sampai saat ini aplikasi media pengenalan dan informasi tentang keajaiban dunia belum ada yang menerapkan konsep Virtual Reality (VR) dalam pengembangannya. Berdasarkan hal tersebut maka dibuat aplikasi 3D Virtual Reality menggunakan unity 3d game engine berbasis android. Virtual pengenalan keajaiban dunia merupakan lingkungan virtual mulain dari bangunan Menara Eiffel, Koloseum, Taj Mahal, dll. Menggunakan Unity 3D sebagai engine. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi Virtual Pengenalan Keajaiban Dunia berbentuk file.apk yang dijalankan pada perangkat android dengan memiliki sensor gyroscope. 3D Virtual Reality Pengenalan Keajaiban Dunia diharapkan mampu menciptakan gambaran visual tentang Keajaiban Dunia sehingga dapat dijadikan sebagai media perkenalan dan juga sebagai sarana informasi yang interaktif. Hasil penilaian dari aplikasi ini didapan dari kuisioner 34% sangat setuju, 52% Setuju, dan 14% Netral dan kesimpulan dari aplikasi ini dapat disimpulkan dalam kategori baik. |
Keywords | Virtual Reality (VR), Keajaiban Dunia, Unity 3D, Android |
Document | |
Download | Download File |
Issn | 2302-2709 |
Doi | - |
Viewed | 387 |
Created At | 21 Agu 2020 10.16.12 |