SISTEM MANAJEMEN PENDUKUNG APLIKASI PELAYANAN TERPADU SATU PINTU ( PTSP ) MENGGUNAKAN FRAMEWORK YII DI PENGADILAN NEGERI UNGARAN

TitleSISTEM MANAJEMEN PENDUKUNG APLIKASI PELAYANAN TERPADU SATU PINTU ( PTSP ) MENGGUNAKAN FRAMEWORK YII DI PENGADILAN NEGERI UNGARAN
AuthorWisnu Agung Prasetiyo
AbstractPelayanan publik yang baik harus didukung oleh berbagai aplikasi dan sistem yang memadai. Kondisi
pelayanan publik di Pengadilan Negeri Ungaran saat ini masih menggunakan cara konvensional dalam mendata
permohonan perkara dan ceklis kelengkapan berkas perkara. Petugas meja kepaniteraan masih menulis pada
buku dan selanjutnya disalin pada file excel. Hal ini menyebabkan proses pelayan kurang efektif dan efisien.
Proses pelayanan dengan menggunakan sistem manajemen pendukung aplikasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (
One Gate Integrated Service ) diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang telah ada. Pengembangan sistem
ini menggunakan metode waterfall dan dirancang dengan menggunakan Unified Modelling Language ( UML ).
Pemilihan UML bertujuan untuk memudahkan dalam perancangan sistem, karena penyajiannya dalam bentuk
grafis yang dapat mudah dipahami oleh penulis maupun pembaca. Pembangunan sistem manajemen ini
menggunakan Framework Yii dan database MySQL. Hasil dari penelitian ini adalah Sistem Manajemen
Pendukung Aplikasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( One Gate Integrated Service ) untuk membantu pihak
Pengadilan Negeri Ungaran dalam upaya meningkatkan pelayanan peradilan yang prima yakni peradilan
sederhana, murah, akuntabel, bertanggungjawab, transparan, efektif, efisien dan ekonomis.
KeywordsSistem Manajemen Pendukung , Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Framework Yii.
Document
DownloadDownload File
Issn2302-2709
Doi-
Viewed338
Created At10 Agu 2020 20.42.33