Rancang Bangun Chatbot Berbasis Web Pada Kantor Pos Semarang Abdulrahman Saleh Untuk Layanan Informasi

Penulis

  • Naufal Fawwas Hisyam Hady Universitas Semarang Penulis
  • Nutriana Hidayati Universitas Semarang Penulis

Kata Kunci:

Chatbot, Prototype, Kantor Pos, Web, Natural Language Processing

Abstrak

Kantor Pos Semarang Abdulrahman Saleh juga membutuhkan layanan informasi yang cepat dan akurat. Chatbot adalah teknologi kecerdasan buatan (AI) yang dapat memahami maksud pengguna dan memberikan jawaban yang sesuai untuk mereka. Mereka dapat menggunakan teknologi ini untuk menyajikan informasi secara otomatis, seperti menjawab pertanyaan pelanggan tentang barang atau jasa. Dalam penelitian ini, chatbot menggunakan teknologi pemrosesan bahasa alami (NLP) untuk berinteraksi dengan orang dengan cara yang lebih manusiawi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat layanan komunikasi di Kantor Pos Abdulrahman Saleh Semarang yang memungkinkan interaksi informasi antara pengguna dan sistem. Untuk membangun sistem ini, metode prototype digunakan. Hasil penelitian ini adalah sistem chatbot layanan informasi berbasis web untuk Kantor Pos Abdulrahman Saleh. Dibangun menggunakan HTML, CSS, dan PHP, dan memiliki basis data MySQL. Diharapkan chatbot ini dapat meningkatkan layanan pelanggan dengan memberikan informasi tentang Kantor Pos Abdulrahman Saleh setiap saat.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024/11/26

Terbitan

Bagian

Sistem Informasi

Cara Mengutip

Rancang Bangun Chatbot Berbasis Web Pada Kantor Pos Semarang Abdulrahman Saleh Untuk Layanan Informasi. (2024). Trans IT : Jurnal Teknologi Informasi , 12(11), 17-22. https://transit.ftik.usm.ac.id/index.php/transit/article/view/126