Sistem Pengelompokan Pengaduan Masyarakat Menggunakan Algoritma K-means Kelurahan Morodemak

Penulis

  • Rama Dito Herdyansyah Universitas Semarang Penulis
  • Galet Guntoro Setiaji Universitas Semarang Penulis

Kata Kunci:

Algoritma K-Means, Aplikasi Pengaduan Masyarakat

Abstrak

Kelurahan Morodemak menghadapi berbagai permasalahan masyarakat yang memerlukan penanganan cepat dan tepat dari pihak kelurahan. Pengelolaan pengaduan masyarakat saat ini masih dilakukan secara manual, menyebabkan penumpukan pengaduan yang belum terselesaikan dan menurunkan tingkat kepuasan warga. Sistem manual ini tidak mampu mengelompokkan pengaduan berdasarkan jenis masalah, tingkat urgensi, dan lokasi geografis, sehingga analisis data pengaduan menjadi sulit dilakukan. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini mengusulkan penerapan algoritma K-Means untuk mengelompokkan pengaduan masyarakat secara otomatis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan pengaduan, memudahkan analisis data, serta meningkatkan responsivitas dan akuntabilitas pelayanan publik di Kelurahan Morodemak. Melalui metode wawancara dengan petugas kelurahan dan masyarakat, penelitian ini akan mengumpulkan data yang diperlukan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem pengelompokan pengaduan yang inovatif. Berdasarkan hasil analisis diperoleh tiga kategori Berdasarkan hasil analisis diperoleh tiga kategori Cluster 1 mempunyai nilai populasi terendah, Cluster 2 dengan nilai rata-rata populasi, Cluster 3 memiliki nilai populasi tinggi.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024/06/28

Terbitan

Bagian

Teknik Informatika

Cara Mengutip

Sistem Pengelompokan Pengaduan Masyarakat Menggunakan Algoritma K-means Kelurahan Morodemak. (2024). Trans IT : Jurnal Teknologi Informasi , 12(06), 63-67. https://transit.ftik.usm.ac.id/index.php/transit/article/view/15