Analisis Sentimen Berdasarkan Ulasan Pengguna Aplikasi Gojek Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbors (KNN)
Kata Kunci:
Data Mining, analisis sentimen, algoritma K-Nearest Neighbor (KNN)Abstrak
Ulasan atau review dari pengguna dapat memberikan pemahaman yang berharga bagi pemilik bisnis dalam menanggapi respon konsumen terhadap produknya. Analisis sentimen menjadi kunci penting dalam mengambil keputusan yang tepat untuk menangani keluhan para pengguna, terutama yang terdapat dalam ulasan di Google Playstore. Dengan menggunakan algoritma K-Nearest Neighbors (KNN) untuk mengklasifikasi data yang mengandung sentimen negatif, tim IT dapat memperkirakan keluhan-keluhan yang lebih dirasakan oleh pengguna saat menggunakan Aplikasi Gojek. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa jumlah sentimen negatif yaitu 223 ulasan lebih banyak daripada sentimen positif yaitu 77 ulasan dengan jumlah data penelitian sebesar 300 ulasan, dengan nilai akurasi terbaik 77% berdasarkan perhitungan Confussion Matrix. Informasi ini kemudian dapat digunakan untuk merancang strategi pembaruan yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan pengguna, sehingga meningkatkan kualitas Aplikasi Gojek secara keseluruhan.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ajeng La Fatikha Nurjana, Nurtriana Hidayati (Penulis)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.