Rancang Bangun Chatbot Quiz Berbasis Discord Menggunakan Pendekatan Gamifikasi Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Di SMA Negeri 1 Moga

Authors

  • Muhammad Wildan Aji Pradana Universitas Semarang Penulis
  • Bernadus Very Christioko Universitas Semarang Penulis

Keywords:

Chatbot, Gamifikasi, Quiz, Discord, Bahasa Inggris, Pembelajaran Interaktif

Abstract

Pembelajaran Bahasa Inggris menjadi semakin penting di era globalisasi ini, namun masih banyak siswa yang menghadapi kesulitan dalam mempelajarinya. Salah satu penyebab utamanya adalah kurangnya motivasi dan minat dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Untuk mengatasi tantangan ini, inovasi dalam metode pembelajaran menjadi sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun chatbot quiz berbasis Discord dengan menerapkan pendekatan gamifikasi dalam pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Moga. Chatbot ini dirancang untuk menjadi alat pembelajaran interaktif dan menyenangkan, dengan tujuan meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan guru Bahasa Inggris, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi literatur dan dokumentasi internal SMA Negeri 1 Moga. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, survei, dan studi literatur. Dengan memanfaatkan platform Discord dan menerapkan elemen Gamifikasi seperti leaderboard, point, badge, dan reward, pembelajaran Bahasa Inggris menjadi lebih menarik dan efektif bagi siswa SMA Negeri 1 Moga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan chatbot quiz dengan gamifikasi berhasil meningkatkan motivasi dan keterlibatan, dengan 100% termotivasi dan 82,6% merasakan pembelajaran yang lebih menyenangkan. Sebagian besar siswa memberikan feedback positif, dan semua fitur utama berfungsi dengan baik tanpa kesalahan kritis

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024/08/30

Issue

Section

Information Technology

How to Cite

Rancang Bangun Chatbot Quiz Berbasis Discord Menggunakan Pendekatan Gamifikasi Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Di SMA Negeri 1 Moga. (2024). Trans IT : Jurnal Teknologi Informasi , 12(08), 131-136. https://transit.ftik.usm.ac.id/index.php/transit/article/view/35