Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Jasa Kirim J&t Di Wilayah Kota Semarang Dengan Metode Naive Bayes Classifier
Kata Kunci:
Kepuasan pelanggan, naive bayes classifier, jasa kirim J&TAbstrak
J&T merupakan Perusahaan layanan pengiriman barang, baik berupa dokumen maupun paket. Jasa kirim J&T ini sangat mudah digunakan untuk pengiriman barang. Namun, sekarang ini banyak Perusahaan membuka layanan jasa kirim paket sehingga persaingan antar Perusahaan jasa kirim semakin ketat. Kepuasan Pelanggan merupakan salah satu faktor penting yang dapat meningkatkan keunggulan Perusahaan jasa kirim dalam menghadapi persaingan. Maka perlu dilakukan analisis kepuasan pelanggan terhadap pelayanan jasa kirim J&T. Penelitian ini menerapkan data mining dengan algoritma naïve bayes classifier untuk mengukur kepuasan pelanggan terhadap pelayanan jasa kirim J&T dengan akurasi yang baik. Pada penelitian ini menggunakan indikator sarana fisik,kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Pada penelitian ini pengambilan data dilakukan dengan cara penyebaran angket kepada 100 responden pengguna yang pernah menggunakan jasa pengiriman barang melalui jasa kirim J&T. Hasil penyebaran angket akan diolah dengan rapidminer. Dari penelitian ini menghasilkan 90% tingkat akurasinya, dapat disimpulkan bahwa pelanggan merasa puas dengan pelayanan menggunakan jasa kirim J&T.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Abrillia Astrie Nugroho, Titin Winarti (Penulis)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.