Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Jasa Kirim J&t Di Wilayah Kota Semarang Dengan Metode Naive Bayes Classifier

Penulis

  • Abrillia Astrie Nugroho Universitas Semarang Penulis
  • Titin Winarti Universitas Semarang Penulis

Kata Kunci:

Kepuasan pelanggan, naive bayes classifier, jasa kirim J&T

Abstrak

J&T merupakan Perusahaan layanan pengiriman barang, baik berupa dokumen maupun paket. Jasa kirim J&T ini sangat mudah digunakan untuk pengiriman barang. Namun, sekarang ini banyak Perusahaan membuka layanan jasa kirim paket sehingga persaingan antar Perusahaan jasa kirim semakin ketat. Kepuasan Pelanggan merupakan salah satu faktor penting yang dapat meningkatkan keunggulan Perusahaan jasa kirim dalam menghadapi persaingan. Maka perlu dilakukan analisis kepuasan pelanggan terhadap pelayanan jasa kirim J&T. Penelitian ini menerapkan data mining dengan algoritma naïve bayes classifier untuk mengukur kepuasan pelanggan terhadap pelayanan jasa kirim J&T dengan akurasi yang baik. Pada penelitian ini menggunakan indikator sarana fisik,kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Pada penelitian ini pengambilan data dilakukan dengan cara penyebaran angket kepada 100 responden pengguna yang pernah menggunakan jasa pengiriman barang melalui jasa kirim J&T. Hasil penyebaran angket akan diolah dengan rapidminer. Dari penelitian ini menghasilkan 90% tingkat akurasinya, dapat disimpulkan bahwa pelanggan merasa puas dengan pelayanan menggunakan jasa kirim J&T.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024/07/30

Terbitan

Bagian

Sistem Informasi

Cara Mengutip

Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Jasa Kirim J&t Di Wilayah Kota Semarang Dengan Metode Naive Bayes Classifier. (2024). Trans IT : Jurnal Teknologi Informasi , 12(07), 17-22. https://transit.ftik.usm.ac.id/index.php/transit/article/view/151