ANALISIS SENTIMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES TERHADAP REVIEW GAME DOTA 2 PADA STEAM COMMUNITY

TitleANALISIS SENTIMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES TERHADAP REVIEW GAME DOTA 2 PADA STEAM COMMUNITY
AuthorANEL DEFA STEFANA
AbstractDota 2 merupakan salah satu game MOBA terbesar di dunia. Dalam meningkatkan mutu dari game tersebut,
pihak pengembang game dapat melihat opini para pengguna game tersebut di Steam Community. Analisis
sentimen merupakan sebuah studi komputasi emosi, sikap, pendapat, dan sentimen dengan mengidentifikasi
bagaimana sentimen diungkapkan menggunakan teks dan bagaimana sentimen tersebut dapat dikategorikan
sebagai sentimen positif atau sentimen negatif. Dengan menggunakan data mentah sebanyak 1893 data yang
akan dibagi menjadi dua yaitu 80% data training dan 20% data testing. Cara mengkategorikan sentimen positif
dan negatif salah satunya yaitu dengan menggunakan metode Naive Bayes. Naive Bayes akan
mengklasifikasikan sentimen tersebut kedalam kelompok positif atau negatif. Berdasarkan hasil penelitian ini
dengan menggunakan data 20%, algoritma Naive Bayes dengan model Multinomial dan Complement
menghasilkan akurasi sebesar 73,15% untuk model Multinomial dan akurasi sebesar 72,48% untuk model
Complement.
KeywordsDota 2, Steam Community, Analisis Sentimen, Klasifikasi, Naive Bayes
Document
DownloadDownload File
Issn
Doi
Viewed107
Created At28 Agu 2023 14.48.46