APLIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN HURUF, ANGKA, DAN WARNA BERBASIS ANDROID PADA TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 13

TitleAPLIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN HURUF, ANGKA, DAN WARNA BERBASIS ANDROID PADA TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 13
AuthorNadya Wahyu Setyaningrum
AbstractPada umumnya anak-anak telah diperkenalkan tentang materi mengenal huruf a-z, serta menyebut dan mengenal angka 1-10 dengan baik saat mereka berada dikelas, namun kebanyakan dari mereka merasa bosan akan cara penyampaian materi tersebut yang hanya berpacu pada buku dan penjelasan guru dikelas yang sering bersifat monoton. Berdasarkan masalah tersebut, maka penulis akan membuat aplikasi yang dilengkapi dengan latihan soal untuk mempermudah proses pembelajaran yang akan dilakukan, serta dapat merangsang otak untuk berimajinasi dan melatih kreatifitas. Sarana pembelajaran ini dapat dilakukan menggunakan perangkat pada smartphone android untuk mempermudah anak-anak dalam mengenal huruf,angka, dan warna bebasis android. Perancangan aplikasi dibangun dengan Adobe Flash CS6 dengan menggunakan Flowchart. Metode penelitian yang dilakukan adalah mengumpulkan data ini dilakukan dengan mengamati objek langsung serta studi kepustakaan dari berbagai sumber, sedangkan metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dan pada pengujian sistem ini menggunakan alpha test dan beta test. Tujuan Tugas Akhir ini adalah memberi solusi dari masalah dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi sekarang, hasil penelitian dari aplikasi pembelajaran pengenalan huruf, angka, dan warna berbasis android ini dapat berjalan diberbagai perangkat smartphone android. Sistem pengenalan dan pembelajaran huruf, angka dan warna berbasis android cocok untuk mengenalkan huruf, angka dan warna pada anak secara kreatif, mudah dan menyenangkan karena bersifat game edukasi.
KeywordsAdobe Flash CS6, Pengenalan Huruf, Angka, dan Warna, Android , Program Aplikasi, Actionscript 3.0, Alpha Test, Beta Test. 1. PENDA
Document
DownloadDownload File
Issn2302-0709
Doi
Viewed293
Created At19 Agu 2020 09.21.31