APLIKASI PENGENALAN MATA UANG KUNO SEBAGAI BENDA KOLEKSI BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) ANDROID

TitleAPLIKASI PENGENALAN MATA UANG KUNO SEBAGAI BENDA KOLEKSI BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) ANDROID
AuthorLutfi Indra Nurrafiq
AbstractPemakaian aplikasi memudahkan masyarakat untuk mengenal berbagai macam mata uang kuno salah satu contoh adalah mata uang kuno Indonesia, pengenalan mata uang kuno saat ini hanya dengan media internet dan pameran mata uang kuno. Diperlukan media yang dapat berinteraksi dengan baik kepada masyarakat. Augmented Reality (AR) adalah suatu lingkungan yang memungkinkan pengguna melihat objek mata uang kuno lebih nyata seperti asli dengan memanfaatkan smartphone android sebagai media penunjang. Dalam mengembangkan aplikasi ini, penulis menggunakan metode pengumpulan data yang terdiri dari metode wawancara, metode observasi dan metode kepustakaan. Sedangkan untuk metode pengembangan sistem yang digunakan oleh penulis adalah prototype yang memiliki beberapa tahap, yaitu mendengarkan masyarakat, membangun atau memperbaiki mock-up, dan masyarakat melihat atau menguji mock-up. Untuk mengimplementasikan aplikasi ini, penulis menggunakan bahasa pemrograman C#. Penelitian tersebut menghasilkan aplikasi yang dapat mempermudah dalam hal media untuk masyarakat dalam mengenal mata uang kuno. Sehingga nantinya masyarakat mengetahui dan menjaga mata uang kuno sebagai bagian dari sejarah.
KeywordsApplication, Augmented Reality, Ancient Currency
Document
DownloadDownload File
Issn2302-0709
Doi
Viewed343
Created At10 Agu 2020 15.08.38