BROSUR INTERAKTIF PENJUALAN MOBIL DI NASMOCO BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) ANDROID

TitleBROSUR INTERAKTIF PENJUALAN MOBIL DI NASMOCO BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) ANDROID
AuthorDoni Trian Kusuma
AbstractPemakaian aplikasi memudahkan masyarakat dalam mengenal berbagai otomotif yang beredar saat ini salah satu contoh adalah mobil Toyota di Nasmoco Indonesia, pengenalan bentuk mobil saat ini hanya sebatas brosur dan internet maupun televisi. Diperlukan media yang dapat berinteraksi dengan baik kepada masyarakat. Augmented Reality (AR) adalah suatu lingkungan yang memungkinkan pengguna melihat iklan mobil yang dikemas dalam video dengan memanfaatkan smartphone android sebagai media penunjang. Dalam mengembangkan aplikasi ini, penulis menggunakan metode pengumpulan data yang terdiri dari metode wawancara, metode observasi dan metode kepustakaan. Sedangkan untuk metode pengembangan sistem yang digunakan oleh penulis adalah prototype yang memiliki beberapa tahap, yaitu melihat kebutuhan informasi masyarakat, membangun atau memperbaiki aplikasi, dan user dapat melihat atau menguji aplikasi. Untuk mengimplementasikan aplikasi ini, penulis menggunakan perancangan UML (Unified Modeling Language), bahasa pemrograman C# dan bahasa pemrograman Java. Keunggulan metode prototype adalah hemat waktu, penerapan lebih mudah karena user mengetahui langsung, dan pengembang dapat bekerja lebih baik dalam kebutuhan user. Penelitian tersebut menghasilkan aplikasi yang dapat mempermudah masyarakat dalam menentukan pemilihan mobil serta meningkatkan penjualan mobil di Toyota Nasmoco Semarang.
KeywordsApplication, Augmented Reality, Car Brochure, Video
Document
DownloadDownload File
Issn2302-0709
Doi
Viewed292
Created At10 Agu 2020 11.42.26