IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN PENGENALAN KUPU – KUPU LANGKA DI INDONESIA

TitleIMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN PENGENALAN KUPU – KUPU LANGKA DI INDONESIA
AuthorPriyo Utomo
AbstractKupu - kupu merupakan serangga yang tergolong kedalam ordo Lepidoptera atau serangga bersayap sisik. Kupu - kupu mengalami metamorfosis yang sempurna yaitu dari telur menjadi ulat kemudian menjadi kepompong dan yang terakhir barulah menjadi kupu - kupu. Dengan perkembangan teknologi sekarang ini banyak orang yang tidak mengetahui berbagai macam jenis kupu - kupu terutama yang langka dan dilindungi di Indonesia, dikarenakan di era sekarang ini mereka lebih sering menggunakan smartphone untuk bermain game dan sosial media. Di era modern sekarang ini telah muncul teknologi AR (Augmented Reality) yaitu suatu lingkungan yang memasukkan objek 3 dimensi kedalam lingkungan nyata. Augmented Reality sudah banyak digunakan untuk media dalam pembelajaran. Maka dari itu penulis ingin mengimplementasikan teknologi Augmented Reality dengan pengenalan kupu - kupu langka dan dilindungi di Indonesia berbasis android. Metode penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data ini dengan wawancara langsung dengan permasalahan yang ada. Serta studi pustaka atau literatur dari berbagai sumber dengan mencari data-data untuk menambah wawasan dalam pengembangan aplikasi yang dibuat. Hasil yang diharapkan dalam penilitian ini adalah menghasilkan aplikasi pembelajaran pengenalan kupu – kupu langka di Indonesia berbasis android untuk mempermudah pembelajaran dan meningkatkan minat belajar.
KeywordsButterfly, Augmented Reality Android.
Document
DownloadDownload File
Issn2302-0709
Doi
Viewed320
Created At5 Agu 2020 10.09.43