PENERAPAN METODE WEIGHTED PRODUCT (WP) UNTUK MENYELEKSI GURU BERPRESTASI PADA SDN 02 BANYUTOWO PATI

TitlePENERAPAN METODE WEIGHTED PRODUCT (WP) UNTUK MENYELEKSI GURU BERPRESTASI PADA SDN 02 BANYUTOWO PATI
AuthorDuanata Kusuma Ardi
AbstractPada SDN 02 Banyutowo Pati hal tersulit dalam menentukan guru berprestasi adalah upaya menghilangkan faktor subjektifitas sehingga setiap pilihan yang dibuat bersifat objektif berdasarkan kriteria-kriteria yang ada. Guru berprestasi adalah guru yang memiliki kinerja melampaui standar yang mencakup kompetensi, kepribadian, prestasi, profesional dan secara langung mendidik peserta didik hingga berprestasi.Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemprograman Php dan database Mysql. Sedangkan metode penilitian yang dilakukan dengan observasi lapangan dan studi kepustakaan. Observasi lapangan meliputi pengamatan dan wawancara kepada pihak SDN 02 Banyutowo Pati, sedangkan studi kepustakaan dilakukan dengan meneliti kepustakaan yang sesuai dengan masalah tersebut. Metode pengembangan sistem yang digunakan penulis adalah waterfall. Dan untuk menggambarkan aktivitas proses suatu sistem dengan menggunakan UML(Unified Modeling Language).Berdasarkan masalah tersebut, SDN 02 Banyutowo Pati membutuhkan sistem penilaian guru dengan metode Weighted Product untuk mempermudah pengambilan keputusan menentukan penilaian guru. Tujuan dari penerapan sistem penunjang keputusan pemilihan guru berprestasi adalah untuk menghemat waktu, meningkatkan efektifitas dan mengurangi kesalahan dalam pengambilan keputusan dan memungkinkan sistem dapat memberikan perangkingan atau penilaian sesuai dengan kualitas, kemampuan, dan keahlian dari masing-masing guru dan menjadi sebuah pertimbangan yang valid dan berguna bagi sekolah untuk menentukan tindakan kebijakan selanjutnya.Dengan adanya sistem seleksi guru menggunakan metode weighted product ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja guru yang ada pada SDN 02 Banyutowo Pati.
KeywordsDecision Support System, Weighted Product, Website, MySQL, Waterfall
Document
DownloadDownload File
Issn2302-0709
Doi
Viewed298
Created At5 Agu 2020 10.10.41