SISTEM PREDIKSI PELAYANAN CUSTOMER PADA KANTOR POS CABANG UNGARAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES

TitleSISTEM PREDIKSI PELAYANAN CUSTOMER PADA KANTOR POS CABANG UNGARAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES
AuthorDESY PERMATASARI
AbstractKantor pos merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bergerak dibidang jasa, salahsatu jasa
bisnis yang ditawarkan adalah pembayaran jasa keuangan, perkembangan tekonologi yang semakin
maju, membuat banyak perusahaan penyedia jasa transaksi keuangan melakukan inovasi untuk
mempermudah pelanggan dalam melakukan transaksi,dengan demikian membuat masyarakat
memiliki banyak pilihan untuk melakukan transaksi pembayaran, dengan kondisi ini kantor pos
harus mempunya pola bisnis yang smart untuk meningkatkan penjualan produk jasa keuangan.
Dengan itu dilakukan konsep busniness intelligence untuk meningkatan penjualan bisnis jasa
keuangan yang ada pada kantor pos. salah satu konsep businesss intelegence yang bisa digunakan
adalah proses mining data sebagai alat bantu untuk mengolah dan menganalisa data customer
sehingga dapat memberikan informasi yang akurat. Penelitian Untuk mengurangi jumlah pelanggan
yan tidak loyal dibutuhkan analisa untuk memprediksi faktor penyebab keluar masuknya pelanggan
menjadi tinggi. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menganalisa database dalam jumlah
besar untuk menghasilkan output yang bermakna adalah menggunakan data mining. Prediksi
loyalitas pelanggan diperlukan untuk memprediksi perilaku pelanggan yang paling mungkin
menyebabkan pelanggan berpindah ke kompetitor lain. Untuk menentukan prediksi tersebut
digunakan teknik klasifikasi pada data mining. Selain memprediksi loyalitas pelanggan, dalam
penulisan ini akan membandingkan satu model data mining yaitu dan naive bayes.
KeywordsKepuasan
Document
DownloadDownload File
Issn
Doi
Viewed59
Created At10 Agu 2023 10.25.53