Pengembangan Game Edukasi Mitologi Nusantara Untuk Meningkatkan Minat Pembelajaran Sejarah

Penulis

  • Brian Bijai Ramadhan Universitas Semarang Penulis
  • Siti Asmiatun Universitas Semarang Penulis

Kata Kunci:

Game Edukasi, RPG Maker, Mitologi Nusantara, Pembelajaran Sejarah, Game development life cycle (GDLC)

Abstrak

Pembelajaran sejarah sering kali kurang menarik bagi siswa, sehingga dibutuhkan metode inovatif untuk meningkatkan ketertarikan dan pemahaman mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi yang berbasis mitologi Nusantara sebagai upaya meningkatkan minat siswa dalam mempelajari sejarah. Game ini dibuat menggunakan perangkat lunak Rpg maker, yang memungkinkan integrasi berbagai mitologi dari berbagai daerah di Indonesia. Dengan demikian, siswa tidak hanya belajar sejarah tetapi juga memperluas wawasan budaya mereka. Penelitian ini menerapkan metode Game development life cycle (GDLC), yang meliputi tahapan konsep, praproduksi, produksi, pengujian, dan pascaproduksi. Pengujian dilakukan menggunakan alpha testing dengan hasil pengujian menunjukkan persentase keberhasilan mencapai 100%. Game edukasi ini berpotensi menjadi alat bantu yang efektif untuk meningkatkan minat belajar sejarah, dengan pendekatan yang lebih menarik dan interaktif dibandingkan metode tradisional.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024/10/31

Terbitan

Bagian

Teknik Informatika

Cara Mengutip

Pengembangan Game Edukasi Mitologi Nusantara Untuk Meningkatkan Minat Pembelajaran Sejarah. (2024). Trans IT : Jurnal Teknologi Informasi , 12(10), 99-106. https://transit.ftik.usm.ac.id/index.php/transit/article/view/102