Pengembangan Game Edukasi Mitologi Nusantara Untuk Meningkatkan Minat Pembelajaran Sejarah
Kata Kunci:
Game Edukasi, RPG Maker, Mitologi Nusantara, Pembelajaran Sejarah, Game development life cycle (GDLC)Abstrak
Pembelajaran sejarah sering kali kurang menarik bagi siswa, sehingga dibutuhkan metode inovatif untuk meningkatkan ketertarikan dan pemahaman mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi yang berbasis mitologi Nusantara sebagai upaya meningkatkan minat siswa dalam mempelajari sejarah. Game ini dibuat menggunakan perangkat lunak Rpg maker, yang memungkinkan integrasi berbagai mitologi dari berbagai daerah di Indonesia. Dengan demikian, siswa tidak hanya belajar sejarah tetapi juga memperluas wawasan budaya mereka. Penelitian ini menerapkan metode Game development life cycle (GDLC), yang meliputi tahapan konsep, praproduksi, produksi, pengujian, dan pascaproduksi. Pengujian dilakukan menggunakan alpha testing dengan hasil pengujian menunjukkan persentase keberhasilan mencapai 100%. Game edukasi ini berpotensi menjadi alat bantu yang efektif untuk meningkatkan minat belajar sejarah, dengan pendekatan yang lebih menarik dan interaktif dibandingkan metode tradisional.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Brian Bijai Ramadhan, Siti Asmiatun (Penulis)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.