Implementasi Marker-based Augmented Reality Pada Flashcard Dalam Mendukung Pencegahan Dampak Bullying Pada Remaja Karang Taruna Krida Utama Kota Semarang

Penulis

  • Syamitha UNIVERSITAS SEMARANG Penulis
  • Siti Asmiatun UNIVERSITAS SEMARANG Penulis

Kata Kunci:

Bullying, Augmented Reality, Flashcard, Remaja, Edukasi, Teknologi Interaktif

Abstrak

Bullying adalah masalah serius yang berdampak negatif pada kesehatan mental dan fisik remaja. Dalam upaya mencegah dampak bullying, teknologi Augmented Reality (AR) berbasis marker pada flashcard digunakan sebagai alat edukatif yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan AR pada flashcard yang memberikan informasi interaktif terkait bullying dan strategi pencegahannya. Aplikasi SI CEDALLY (Sistem Cegah Dampak Bullying) dikembangkan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan tahapan konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Evaluasi menunjukkan peningkatan kesadaran dan pemahaman remaja terhadap dampak bullying, menjadikan SI CEDALLY sebagai alat edukatif yang efektif dalam mendukung pencegahan bullying.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024/09/30

Terbitan

Bagian

Teknik Informatika

Cara Mengutip

Implementasi Marker-based Augmented Reality Pada Flashcard Dalam Mendukung Pencegahan Dampak Bullying Pada Remaja Karang Taruna Krida Utama Kota Semarang. (2024). Trans IT : Jurnal Teknologi Informasi , 12(09), 89-94. https://transit.ftik.usm.ac.id/index.php/transit/article/view/77