Implementasi Marker-based Augmented Reality Pada Flashcard Dalam Mendukung Pencegahan Dampak Bullying Pada Remaja Karang Taruna Krida Utama Kota Semarang
Kata Kunci:
Bullying, Augmented Reality, Flashcard, Remaja, Edukasi, Teknologi InteraktifAbstrak
Bullying adalah masalah serius yang berdampak negatif pada kesehatan mental dan fisik remaja. Dalam upaya mencegah dampak bullying, teknologi Augmented Reality (AR) berbasis marker pada flashcard digunakan sebagai alat edukatif yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan AR pada flashcard yang memberikan informasi interaktif terkait bullying dan strategi pencegahannya. Aplikasi SI CEDALLY (Sistem Cegah Dampak Bullying) dikembangkan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan tahapan konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Evaluasi menunjukkan peningkatan kesadaran dan pemahaman remaja terhadap dampak bullying, menjadikan SI CEDALLY sebagai alat edukatif yang efektif dalam mendukung pencegahan bullying.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Syamitha, Siti Asmiatun (Penulis)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.