Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaraninteraktif Dalam Pengenalan Hewan Mamalia Padaanak Usia Dini Di Pos Paud Mutiara

Penulis

  • Mario Rizky Saputra Universitas Semarang Penulis
  • Siti Asmiatun Universitas Semarang Penulis

Kata Kunci:

Augmented Reality, Interactive Learning Media, Mammals, Early Childhood, PAUD

Abstrak

Pengenalan hewan mamalia penting dalam pendidikan anak usia dini, terutama di Pos
PAUD Mutiara. Namun, metode pembelajaran tradisional sering kurang menarik, sehingga
mengurangi minat belajar anak. Untuk mengatasi masalah ini, teknologi Augmented Reality
(AR) diterapkan sebagai solusi. AR memungkinkan visualisasi hewan mamalia yang lebih
interaktif, menggabungkan dunia nyata dan virtual untuk menciptakan pengalaman belajar yang
imersif. Penelitian ini mengembangkan aplikasi pembelajaran berbasis AR yang menampilkan
informasi dasar mengenai hewan mamalia, seperti nama, suara, dan habitat. Metode penelitian
melibatkan pengembangan aplikasi, implementasi, serta pengujian pada anak usia 4-6 tahun di
Pos PAUD Mutiara. Tujuannya adalah meningkatkan minat dan pemahaman anak-anak dalam
pembelajaran pengenalan hewan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AR efektif dalam
meningkatkan antusiasme anak-anak selama sesi pembelajaran, dengan hasil kuisioner
menunjukkan tingkat kepuasan sebesar 97,1%. Teknologi ini menunjukkan potensi besar untuk
diadopsi lebih luas dalam pembelajaran anak usia dini, terutama dalam materi sains dan alam.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024/09/30

Terbitan

Bagian

Teknik Informatika

Cara Mengutip

Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaraninteraktif Dalam Pengenalan Hewan Mamalia Padaanak Usia Dini Di Pos Paud Mutiara. (2024). Trans IT : Jurnal Teknologi Informasi , 12(09), 81-88. https://transit.ftik.usm.ac.id/index.php/transit/article/view/84